Jumat, 10 Februari 2012

Klasifikasi Kanker Serviks

Kanker serviks sering terjadi pada wanita paruh baya. Kebanyakan kasus kanker serviks ditemukan pada wanita yang berusia dibawah 50 tahun. Ini jarang terjadi pada wanita di usia 20 tahunan. Banyak wanita tidak tahu bahwa ketika menjadi tua, mereka masih memiliki beresiko terkena kanker serviks. Itulah sebabnya penting bagi wanita lebih tua untuk tetap menjalani tes Pap Smear untuk diagnosa kanker secara teratur. Pada kasus kanker serviks dibagi menjadi berikut, menurut stadium keparahannya :

Stadium pada Kanker Serviks


Stadium kanker serviks merupakan faktor kunci yang menentukan pengobatan apa yang akan diambil. Biasanya pemeriksaan yang dilakukan dapat berupa: gambaran radiologi, pemeriksaan dengan X-Ray, computerized tomography (CT) Scan atau MRI.

Stadium 0 Kanker Serviks
Kanker noninvasive, kanker dini ini kecil dan hanya terbatas di permukaan serviks.

Stadium I Kanker Serviks
Kanker hanya terbatas pada serviks

Stadium II Kanker Serviks
Kanker serviks pada stadium ini termasuk serviks dan uterus,  tetapi belum menyebar ke dinding pelvis atau di bagian bawah vagina

Stadium III Kanker Serviks
Kanker Serviks pada stadium ini telah menyebar dari serviks dan uterus hingga ke dinding pelvis atau bagian bawah vagina.

Stadium IV Kanker Serviks
Pada stadium ini Kanker Serviks telah menyebar ke organ lain terdekat , seperti kandung kemih atau rectum, atau telah menyebar ke daerah lain di dalam tubuh lain misalnya paru-paru, hati atau tulang.

0 komentar: