Senin, 16 Januari 2012

Sembuhkan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan mengakibatkan sakit saat sedang menelan adalah pertanda daya tahan tubuh sedang turun. Ini bisa dialami oleh siapa saja. Pahami cara mudah mengenyahkan radang tenggorokan.
Sekitar 80 persen radang tenggorokan disebabkan virus yang menyerang di kala tubuh sedang letih atau tak prima. Tak hanya itu, kebiasaan yang tak sehat, seperti merokak juga dapat memicu timbulnya iritasi / radang tenggorokan.
radang tenggorokan

Selain karena virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri streptokokus. Biasanya ini akan menimbulkan gejala nyeri yang hebat bilamana sedang makan. Gejala lainnya, terlihat bintik putih disertai pembesaran pada kelenjar amandel dan tonsil.
Untuk mengatasinya, minumlah air hangat secukupnya. Atau cobalah jalani terapi herbal tonsilitis meringankan peradangan, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, jika penyebab radang tenggorokan adalah bakteri, berarti kita juga perlu mengonsumsi obat radang tenggorokan seperti antibiotik sesuai anjuran dokter.
Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan kebiasaan bernapas melalui mulut, alergi, terperangkapnya benda asing seperti tulang ikan di tenggorokan, polusi udara, minuman beralkohol, atau rokok. Panas yang kering saat musim dingin dan bernapas melalui mulut yang disebabkan penyumbatan hidung yang kronis juga menyebabkan tenggorokan kering dan sakit.

Pada sebagian besar kasus, keluhan radang tenggorokan akan mereda dengan sendirinya. Untuk membantu meringankan rasa sakit, dokter biasanya memberikan obat yang bersifat pain reliever. Misalnya asetaminofen (parasetamol) atau ibuprofen yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan demam. Berkumur dengan air garam hangat juga bisa membantu. Bisa juga dengan obat kumur anestetik (Anesthetic throat gargle) untuk meringankan radang tenggorokan.

0 komentar: